Menikmati Mantapnya Kopi Kothok Khas Cepu

SWARASEMAR.COM | Ada banyak jenis atau varietas kopi yang bisa Anda temukan di berbagai belahan dunia. Pada dasarnya kopi dibagi menjadi dua yakni kopi jenis arabika dan juga kopi jenis robusta. Kedua kopi tersebut bisa dikatakan rajanya kopi yang mana sering diminati dan diminum oleh banyak orang.

Pembahasan kali ini adalah salah satu varietas kopi arabika yang bisa Anda temukan di salah satu wilayah Indonesia dan nama kopi tersebut ialah kopi kothok.

Asal-usul Kopi kothok

Apakah Anda pernah mendengar nama kopi kothok? Jika Anda tinggal di daerah Cepu, maka saya yakin Anda tidak asing lagi dengan nama kopi khas ini. Bahkan ada semacam jargon, yang mengatakan bahwa Anda belum pergi ke Cepu jika Anda belum mencoba Kopi jenis ini.

Kopi ini merupakan kopi khas daerah penghasil minyak, Cepu. Meskipun kopi ini juga beredar banyak di berbagai wilayah Indonesia. Namun demikian, masih ada juga perbedaan pendapat mengenai asal-usul kopi ini. Hal tersebut bisa Anda buktikan dengan anda mencari asal-usul kopi di Google. Maka dari mesin pencarian tersebut, Anda akan menemukan banyak artikel atau informasi yang menyebutkan berbagai daerah mengenai asal-usul kopi ini.

Ada yang menuliskan bahwa jenis kopi arabika ini berasal dari Bojonegoro, Tuban, Blora dan Cepu. Namun demikian, banyak orang meyakini bahwa kopi ini berasal dari Cepu. Anda tahu daerah Cepu?

Cepu merupakan salah satu daerah yang juga dikenal dengan daerah penghasil minyak di Kabupaten Blora. Namun hal tersebut tentunya tidak terlalu penting untuk mengetahui asal-usul kopi ini. Hal tersebut dikarenakan sekarang kopi kothok ini tidak hanya bisa ditemukan didaerah asalnya tersebut, namun jenis kopi ini juga bisa di temukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Kopi Kothok dan Kebudayaan di Cepu

Budaya ngopi yang terdapat di berbagai sudut tempat di Cepu sangat mudah dijumpai di warung-warung kopi yang berada di pinggir jalan raya. Jika melintasi daerah ini, Anda akan menemukan banyak warung atau cakruk yang menjajakan kopi khas Cepu ini.

Namun demikian, jika Anda ingin menikmati jenis kopi ini, Anda bisa juga pergi ke taman kota Cepu yang mana di sana anda akan menemukan banyak penjajak kopi kothok yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun tentunya menghadirkan cita rasa yang sangat tinggi. Dengan demikian, ketika Anda berkunjung ke daerah penghasil minyak ini dan anda ingin mencoba mencicipi kopi Kothok ini, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan dengan mudah menemukan warung-warung yang menjajakan jenis kopi ini.

Bagi sebagian orang, memadukan kopi arabika ini dengan rokok menjadi suatu kebiasaan yang tiada taranya dan hal tersebut juga sering dilakukan oleh kebanyakan penjaja kopi yang suka menikmati minuman khas ini di kebanyakan daerah di Cepu dan juga wilayah lainnya. Penikmat kopi tersebut biasanya meleletkan kopi yang disajikan dalam gelas kedalam batang rokok mereka. Bahkan jika sampai pada tangan yang kreatif, leletan kopi tersebut akan diukir layaknya batik sehingga bagi mereka selain akan mendapatkan kenikmatan antara minum kopi dengan menghisap batang rokok.

Namun demikian, hal tersebut tentunya tidak dianjurkan untuk memadukan antara minum kopi dengan menghisap rokok. Kita semuanya tahu bahwa menghisap rokok bisa menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh kita.

Mengapa Kopi Kothok istimewa?

Pertanyaan ini seringkali menghiasi pikiran Anda, mengapa jenis kopi kothok ini begitu istimewa dan bisa menghasilkan rasa yang pas. Bagi sebagian orang jenis kopi ini memang dikenal sebagai jenis kopi pribumi yang sebenar-benarnya. Karena kopi jenis ini sangat khas sekali dengan Indonesia. Jika berbicara mengenai keistimewaan kopi ini, sebenarnya kopi ini terbuat dari verietas arabika yang banyak di temui di wilayah Indonesia.

Namun yang membuat kopi ini istimewa ialah cara membuat kopi ini sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang sangat kuat dan begitu segar. Jika Anda pernah mencicipi kopi espresso terlebih jika anda merupakan pecinta espresso, maka Anda tidak boleh tidak mencoba kopi ini. Hal tersebut dikarenakan bahwa jenis kopi ini memang dikenal sebagai espressonya Indonesia.

Hal lain yang membuat kopi ini begitu istimewa ialah bahwa kopi kothok dibuat dan disajikan dengan cara yang tidak selazimnya membuat dan juga menyeduhkan kopi. Salah satu cara untuk menyajikan kopi ini ialah dengan cara mencampurkan gula dan juga bubuk kopi yang kemudian direbus dengan menggunakan air panas. Dengan demikian, sari kopi, aroma dan juga kafein yang terkandung dalam kopi tersebut akan keluar secara lebih maksimal sehingga cita rasa yang akan ditimbulkan dari kopi tersebut akan maksimal.

Cara Membuat Kopi Kothok

Membuat kopi ini memang sedikit berbeda dengan kopi pada umumnya, namun inilah hal istimewa yang membuat kopi ini begitu nikmat dan mempunyai cita rasa yang tinggi. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda perhatikan ketika Anda akan membuat kopi kothok ini ialah sebagai berikut.

Yang perlu Anda silakan adalah biji kopi dengan kualitas tinggi. Kemudian Anda bisa menggoreng biji kopi itu sendiri sehingga Anda bisa memastikan bahwa kopi ini matang dengan sempurna.

Ketika Anda menggoreng biji kopi ini, Anda bisa menambahkan sesuatu yang sesuai dengan selera Anda. Jika Anda ingin kopi dengan rasa pahit, bisa Anda tambahkan buah jambe. Sementara itu, jika Anda ingin mendapatkan rasa yang manis dan juga gurih, Anda bisa menambahkan coklat dan juga garam.
Setelah kopi matang dengan sempurna, anda bisa menumbuk kopi tersebut. Tumbuklah kopi tersebut sehingga biji kopi tersebut akan menjadi kopi yang halus.

Setelah kopi sudah menjadi bubuk, Anda bisa menggodok kopi tersebut. Kemudian, anda bisa menambahkan kopi tersebut dengan bahan-bahan lainnya seperti gula atau cream.

Untuk panasnya sendiri memang tidak ditentukan dalam suhu berapa kopi siap disajikan. Namun demikian, jika Anda merebus kopi dengan air mentah, Anda sebaiknya menunggu rebusan tersebut hingga air tersebut matang sehingga air yang terseduh dalam kopi tersebut menjadi matang.

Itulah salah satu informasi yang bisa Anda ketahui ketika berbicara mengenai kopi kothok. Kopi jenis ini memang dikenal kopi local arabika yang istimewa dan mempunyai cita rasa yang tinggi. Terdapat beberapa keistimewaan yang tidak akan Anda temukan, jika dibandingkan dengan kopi jenis lainnya.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *