Opor Ayam Ciri Khas Saat Hari Raya Lebaran

SWARASEMAR.COM, Semarang | Opor ayam merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain.

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya.

Resep standar opor ayam yaitu ayam, minyak, serai, daun jeruk purut, daun salam, santan, ketumbar, jintan, merica, kemiri, kencur, lengkuas, bawang merah, bawang putih, garam, gula merah.

Berbicara tentang opor, memang sudah menjadi ciri khas pada saat hari raya atau lebaran. Opor memiliki berbagai macam jenis serta macamnya dan yang biasa banya disajikan yaitu opor yang berbahan dasar ayam atau yang biasa disebut dengan opor ayam.

Opor ayam merupakan makanan yang memiliki kuah begitu sedap dan mantap. Makanan yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama lontong yang dibuat dari beras kemudian dibungkus dengan daun pisang dan direbus hingga matang.

Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng hati. Namun dapat dinikmati tidak harus menunggu hari raya tiba karena makanan dapat anda nikmati kapan saja sesuai dengan keinginan Kita.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *