Wisata Kawasan Kampoeng Kopi Banaran “Kayanya Ragam Kopi Indonesia”

SWARASEMAR.COM | Kawasan Kampoeng Kopi Banaran adalah salah satu Wisata Agro yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara IX, yang terletak di Areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35.

Fasilitas utama Kampoeng Kopi Banaran berupa bangunan untuk menikmati sedapnya kopi “Banaran Coffee” juga dibangun arena bermain anak-anak, Corporate Gathering, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gasebo, lapangan tenis, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Mushola, Meeting Room, Griya Robusta, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV.

Museum Kopi Banaran, terletak di Desa Gemawang, Kec. Jambu, Kab. Semarang, bersebelahan dengan Pabrik Kopi Banaran. Museum Kopi ini menyimpan sejarah panjang perjalanan kopi di Indonesia.

Berwisata ke tempat ini dapat melihat varian-varian kopi Indonesia disini, beserta dengan peralatan pengolahan kopi klasik, seperti alu (alat untuk menumbuk kopi), manual grinder, & tentu saja sejarah dari Kopi Banaran.

Pengunjung akan melihat betapa kayanya ragam kopi Indonesia, dari bagian Barat Indonesia, hingga Bagian Timur Indonesia. Pengunjung juga dapat mencoba coffee cupping yang tentu saja memberikan sensasi bagi pengunjung dalam menikmati kopi, langsung dari pabriknya.

Pabrik Kopi Banaran, merupakan Pabrik Kopi peninggalan Belanda, yang berdiri sejak tahun 1911. Pabrik Kopi Banaran dimiliki oleh PT Perkebunan Nusantara IX, yang merupakan Badan Usaha Milik Negara. Pabrik Kopi Banaran terletak di Desa Gemawang, Kec. Jambu, Kab. Semarang.

Di lokasi ini Kita bisa melihat proses pengolahan kopi dari kebun. Mulai dari proses penyortiran awal, proses pengupadan kulit kopi, hingga proses penyortiran biji kopi berdasarkan kualitas. Disamping itu, pengunjung juga dapat mencoba merasakan kopi langsung dari pabriknya, atau biasa disebut coffee cupping, karena di sini juga menampilkan proses roasting biji kopi, hingga menjadi kopi bubuk siap minum.

Memiliki produk-produk unggulan diantaranya Kopi Banaran, Teh Kaligua, Gula 9, & sirup Pala 9. Di tempat ini Kita bisa melakukan kunjungan benchmark instansi, perusahaan serta sekolah, sebagai sarana edukasi & Experiential Learning, karena memiliki Wisata Edukasi Karet, Kakao, & wisata penanaman kopi, pengolahan kopi, pengemasan, hingga menjadi secangkir Kopi Banaran yang Istimewa.

Merasakan bagaimana proses panjang dalam pengolahan kopi dengan kualitas ekspor, memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *