Masjid Cheng Ho Surabaya Dibangun Tokoh Etnis Tionghoa Sebagai Rumah Ibadah & Wisata Sejarah

SWARASEMAR.COM, Surabaya | Masjid Cheng Ho Surabaya merupakan Masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya atau 1.000 m utara Gedung Balaikota Surabaya.

Berdiri atas prakarsa para sesepuh, penasehat, pengurus PITI, dan pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya.

Masjid Cheng Ho, dikenal dengan nama Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya, bangunan menyerupai kelenteng (rumah ibadah umat Tri Dharma). Gedung ini terletak di areal komplek gedung serba guna Pembina Imam Tauhid Islam Jawa Timur Jalan Gading No.2 (Belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa), Surabaya.

Masjid ini didominasi warna merah, hijau, dan kuning. Ornamennya kental nuansa Tiongkok lama. Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda, terdapat juga relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafaz Allah dalam huruf Arab di puncak pagoda.

Sisi kiri bangunan terdapat sebuah beduk sebagai pelengkap bangunan masjid. Masjid Cheng Ho sendiri mungkin merupakan salah satu masjid yang cukup terkenal dan sering dituju para wisatawan dari luar Surabaya. Karena masjid ini bisa dikatakan masjid yang cukup unik dari sisi arsitekturalnya.

Nama masjid diambil dari nama seorang Laksamana asal China yang bernama Cheng Ho. Laksamana Cheng Ho ini memeluk agama Islam dan melakukan perjalanan ke kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Misi perjalanan tersebut adalah untuk berdagang, menyebarkan agama Islam, sekaligus untuk menjalin persahabatan dengan banyak orang.

Salah satunya yang berkaitan dengan sejarah perkembangan agama Islam. Hal yang unik di sana, dimana ada sebuah masjid yang dibangun oleh tokoh etnis Tionghoa yang berdiri hingga saat ini dan bisa dikunjungi baik sebagai rumah ibadah maupun sebagai wisata sejarah. Hal inilah mengenai Wisata Masjid Cheng Ho Surabaya.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *