Inflasi Rendah Jelang Lebaran Tidak Menandakan Daya Beli Yang Lemah

SWARASEMAR.COM | Inflasi yang rendah jelang Lebaran tidak perlu dikhawatirkan menurut pernyataan Darmin Nasution Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Karena inflasi rendah tidak menandakan daya beli yang lemah.

Laju inflasi selama Mei 2018 sebesar 0,21% secara bulanan (mtm) & 3,23% secara tahunan (yoy), menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS). Angka ini merupakan yang terendah selama periode Mei dalam empat tahun terakhir.

Menurut Darmin, “Jangan khawatir. Itu (inflasi) tidak satu banding satu dengan pertumbuhan,” Kamis (7/6/18). Ia mengatakan, rendahnya inflasi pada bulan lalu justru bagus. Sebab, beberapa harga komoditas pangan yang menurun. Kelompok pangan atau volatile food menjadi penyebab utama inflasi sebesar 0,19% (mtm). Rata-rata inflasi volatile food pada bulan Ramadhan dalam empat tahun terakhir sebesar 1,59% (mtm).

Dimana inflasi pangan terutama bersumber dari komoditas daging ayam ras dan telur. Sementara komoditas cabai merah, bawang putih, beras dan cabai rawit mencatat deflasi seiring dengan stabilnya pasokan.

Inflasi volatile food tercatat sebesar 4,33% (yoy) secara tahunan, lebih rendah dari bulan sebelumnya sebesar 5,08% (yoy).

Ini didorong oleh kenaikan inflasi angkutan udara menjelang libur hari raya Idul Fitri. Sementara, inflasi barang/jasa yang diatur pemerintah (administered prices) pada Mei 2018 mencapai 0,27% (mtm), sedikit lebih tinggi dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,24% (mtm).

Secara tahunan, komponen administered prices mencatat inflasi sebesar 3,61% (yoy), lebih rendah dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 4,04% (yoy).

Darmin mengatakan soal ekonomi tahun ini sendiri, bahwa pada tahun ini pemerintah memiliki perhelatan besar yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan, di antaranya Pilkada serentak, Asian Games, hingga Annual Meeting IMF-World Bank.

Menurutnya, “Ada Pilkada serentak itu pasti dampaknya akan ada pengeluaran. Akan ada Asian Games. Ada kejadian-kejadian yang akan mendorong (konsumsi).”

***

Sumber Berita : kontan.co.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *