Subsidi Solar jadi Rp 2.000 per Liter, Sri Mulyani Sepakati Usulan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

SWARASEMAR.COM | Sri Mulyani, Menteri Keuangan menyatakan pemerintah sudah sepakati usulan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) agar subsidi Solar ditambah Rp 1.500 per liter agar total subsidi jadi Rp 2.000 per liter.

Dimana Sri Mulyani mengatakan, usulan tambahan subsidi Solar menjadi Rp 2.000 per liter ini sudah sesuai pembahasan bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Direksi Pertamina.

Menurut Sri Mulyani, “Kemarin keputusannya adalah kenaikan sebesar Rp 1.000 per liter menjadi Rp 2.000 per liter,” (5/6/18). Dia mengatakan, tambahan subsidi solar ini dihitung secara bersama dengan Pertamina, PLN, Menteri ESDM, dan Menteri BUMN. Dalam penghitungannya, ada tiga hal yang jadi pertimbangan. “Di satu sisi menjaga masyarakat, kedua kondisi perusahaan, ketiga agar APBN tetap sehat,” ujarnya.

Di samping itu Sri Mulyani mengatakan, pemerintah juga siap menambah anggaran subsidi listrik yang disebabkan adanya tambahan 1 juta pelanggan berkapasitas 450 VA. “Untuk PLN dengan adanya penambahan 450 VA pelanggan baru sebanyak 1 juta, kami juga akan menambahkan anggaran untuk subsidi,” ungkapnya.

Sri Mulyani bilang, atas tambahan kedua subsidi itu, Menteri ESDM Ignasius Jonan telah menyampaikan ke Komisi VII DPR. Oleh karena itu, Kementerian Keuangan juga akan menyampaikan hal ini kepada Komisi XI. “Mekanismenya kami sampaikan di laporan semester kepada dewan Pak Jonan juga sudah sampaikan ke Komisi VII,” ucapnya.

***

Sumber Berita : kontan.co.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *