Kolak Biji Salak Kuliner Tradisional Pilihan Berbuka Puasa, Menggunakan Ubi Jalar Sebagai Bahan Utama

SWARASEMAR.COM | Makanan pembuka atau takjil salah satunya adalah kolak biji salak. Kolak biji salak merupakan salah satu kuliner tradisional yang menggunakan ubi jalar sebagai bahan utamanya. Dinamakan kolak biji salak karena biasanya panganan ini berbentuk lonjong yang menyerupai buah salak. Teksturnya kenyal dan lembut.

Kolak biji salak adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan dan dibentuk bulat-bulat kecil kemudian direbus dengan gula merah sehingga memiliki bentuk yang sama seperti biji salak.

Meskipun namanya kolak biji salak, namun makanan ini tidak terbuat dari biji salak asli melainkan dari tepung beras ketan. Bulatan biji salaknya dimasak dengan gula merah. Biji salak ada yang dimasak encer seperti kolak, ada juga yang dimasak kental dengan saus santan seperti bubur jenang.

Bahan-bahan kolak biji salak yaitu ubi orange kukus lalu haluskan, tepung sagu, gula halus, garam, air, daun pandan, gula merah, tepung sagu, santan kental.

Rasa kuah santannya manis sedikit gurih dan legitnya pisang tentunya akan memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya. Makanan khas dari pulau jawa ini memang sudah terkenal dan populer dimana-mana sehingga makanan ini banyak disukai oleh semua orang.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *