Museum Masjid Agung Demak Menyimpan Berbagai Barang Peninggalan Sejarah Masjid Agung Demak

SWARASEMAR.COM | Museum Masjid Agung Demak merupakan sebuah museum yang terletak di dalam kompleks Masjid Agung Demak dalam lingkungan alun-alun kota Demak.

Museum ini menyimpan berbagai barang peninggalan Masjid Agung Demak. Jumlah koleksi benda bersejarah di museum ini mencapai lebih dari 60 koleksi. Museum ini letaknya di sebelah utara Masjid Agung Demak.

Museum ini berdiri di atas lahan seluas 16 meter persegi yang berada di kompleks Masjid Agung Demak. Dibangun dengan anggaran mencapai Rp1,1 miliar yang berasal dari APBD Demak sisanya dari Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Masjid Agung Demak.

Tempat menarik di Demak ini terdapat beragam peninggalan sejarah. Diantaranya yaitu serat-serat dan kitab yang ditulis oleh para wali. Terdapat juga bedug, pintu asli masjid yang dulu, gentong dari campa, & miniatur masjid. Terdapat ilustrasi bangunan masjid sejak 500 tahun yang lalu sampai sekarang.

Di selatan Museum Masjid ini, pengunjung bisa melihat tempat wudhu berbentuk kolam yang dilingkari rantai dan pagar. Pemberian pagar & rantai dilakukan agar pengunjung tidak air kolam tempat wudhu pada jaman dahulu itu.

Bangunan Museum ini tidak terlalu luas, bagian tengah dari museum ini terdapat soko asli peninggalan dari guru Masjid. Di dalam museum Masjid Agung Demak ini, dapat ditemukan banyak koleksi-koleksi.

Diantaranya Koleksi Kitab suci kuno Alquran lengkap 30 juz yang berada di dalam lemari kaca dengan kondisi yang masih bagus. Terdapat juga koleksi kayu tiang yang dibuat oleh sunan kalijaga. Ada juga Kap Lampu peninggalan dari Paku Buwono dan masih banyak lagi koleksi-koleksi yang menarik untuk dilihat.

Paling menarik di museum ini Pintu bledeg buatan Ki Ageng Selo tahun 1466 M, dibuat dari kayu jati berukiran tumbuh-tumbuhan, suluran, jambangan, mahkota, serta kepala binatang (naga) dengan mulut terbuka menampakkan gigi-giginya yang runcing.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *