Kekecewaan Negara-negara Aliansi G7 Terhadap Kebijakan Tarif Impor Logam Donal Trump

SWARASEMAR.COM | Terhadap tarif impor logam yang dijatuhkan Presiden Donald Trump pada negara lain, para menteri keuangan negara-negara aliansi terdekat Amerika Serikat (AS) menyampaikan kekecewaan.

Suara bulat dari enam negara selain AS ini disampaikan setelah pertemuan tiga hari terakhir dan akan memanaskan pertemuan tingkat tinggi G7 pekan depan di Quebec.

Ungkap Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau, “Kami prihatin bahwa tindakan AS tidak kondusif untuk menolong ekonomi, dan bahkan destruktif. Dan ini menjadi ekspresi pandangan dari enam negara.”

AS menjatuhkan tarif impor baja sebesar 25% & tarif aluminium 10% terhadap Meksiko, Kanada, & negara Uni Eropa, setelah sempat dikecualikan.

Taro Aso, Menteri Keuangan Jepang mengatakan, jarang sekali melihat kesepakatan suara bulat di pertemuan G7. Saat ini, Perdana Menteri Shinzo Abe tengah berdiskusi langsung dengan Trump mengenai penolakan kuota impor yang tengah digencarkan AS.

Pertemuan tersebut, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin kerap menolak pernyataan-pernyaaan dari beberapa negara. Mnuchin meminta negara-negara G7 fokus mengembalikan keseimbangan hubungan dagang di antara mereka.

Setelah pertemuan tersebut, Trump mengungkapkan pendapatnya lewat Twitter. “AS harus mendapat perlakuan adil di Perdagangan. Jika kita mengenakan NOL persen atas produk yang mereka juga, tapi kita dikenakan 25%, 50%, atau bahkan 100% ketika menjual produk kita, itu adalah KETIDAKADILAN yang tidak bisa ditoleransi. Itu bukan Perdagangan Bebas atau Adil. Itu Perdagangan Bodoh!” tulis Trump.

***

Sumber berita: kontan.co.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *