Keren ! Beberapa Hari Lagi, Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang Berkonsep Ecogreen Mulai Beroperasi

SWARASEMAR.COM | Rini Soemarno Menteri BUMN memberikan pernyataan terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang siap melayani pemudik Lebaran mulai tanggal 8 Juni 2018.

Menurut Rini, “Kita targetkan tanggal 8 sudah bisa operasional. Makanya sekarang sedang kita bereskan,” saat memantau kesiapan terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, (1/6/18).

PT Angkasa Pura I (Persero) selaku operator bandara sebelum mulai beroperasi secara fungsional, akan melakukan proses pindahan peralatan dari terminal lama pada 5 Juni untuk mempersiapkan penerbangan perdana pada 6 Juni 2018 ini.

Setelah terminal baru Bandara Ahmad Yani resmi beroperasi, terminal lama akan ditutup. “Karena kalau kita mengoperasikan dua bandara ‘kan malah berat, pegawainya dan pengamanan harus dibagi dua, itu tidak mungkin. Jadi kalau mau pindah harus total,” ungkap Rini menegaskan.

Dimana terminal baru berkonsep ecogreen itu mampu menampung sekitar 6,9 juta penumpang per tahun. Naik signifikan dari kapasitas terminal lama yang hanya 800 ribu penumpang per tahun.

Pada saat ini, ungkap Rini, kesiapan terminal baru Bandara Ahmad Yani sudah mencapai 97 persen. Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menambahkan, meskipun pengerjaannya sudah 97 persen, terminal baru ini sudah memenuhi syarat minimum pengoperasian bandara dari tim verifikasi Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Dalam melayani para pemudik, Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2018 diselenggarakan di terminal baru Bandara Ahmad Yani pada 7-24 Juni. Posko tersebut melibatkan personel yang terdiri dari Angkasa Pura I, Airnav, TNI, serta Polri.

Menurut Faik Fahmi, “Karena yang terkait dengan pengoperasian bandara kan pemangku kepentingannya banyak. Saya hanya memastikan seluruh pemangku kepentingan bisa berkoordinasi dengan baik dan lancar. Kalau terminalnya sendiri sudah siap.”

***

Sumber Berita : Antara


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *