Tol Laut Berdampak Penurunan Harga

SWARASEMAR.COM | Asisten Administrasi Pembangunan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Benhard Pilat menegaskan Program Tol Laut mulai berdampak pada penurunan harga barang di wilayah kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Karena harga barang kebutuhan masyarakat mulai turun sejak ada program Tol Laut, sehingga daya beli masyarakat juga meningkat. Berdasarkan hasil evaluasi, kata dia, sudah terjadi penurunan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat sampai di wilayah pelosok kepulauan dan pedesaan.

Melalui program Tol Laut, kata dia, Pemerintah Kabupaten Sangihe juga melakukan terobosan dengan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk menambah jalur pelabuhan asal yang sebelumnya hanya Makassar-Tahuna menjadi Surabaya-Makassar-Tahuna.

“Saat ini rute Tol Laut tidak hanya dari Makassar tapi sudah bertambah yaitu Surabaya-Makassar-Tahuna,” kata Benhard Pilat di Tahuna, Sulut, Senin (28/5) kepada Antara.

Selain penambahan rute, kapal yang digunakan sudah diganti dengan kapal yang lebih besar sehingga dapat memuat kontainer lebih banyak.

“Kapal yang digunakan untuk Tol Laut ke Tahuna sudah bisa memuat 200 kontainer sehingga sangat bermanfaat dalam mengangkut kebutuhan pokok masyarakat dari Surabaya dan Makassar sampai Tahuna dan sebaliknya,” kata dia.

Selain kebutuhan pokok masyarakat, program Tol Laut juga sangat bermanfaat untuk mengangkut hasil komoditas pertanian dan perikanan keluar daerah. Dia berharap semua pengusaha yang ada di Tahuna dapat memanfaatkan program Tol Laut untuk kepentingan usaha dan pelayanan kepada masyarakat.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *