Varian Es Kelapa Adalah Cara Masyarakat Indonesia Kebanyakan Menghilangkan Dahaga

SWARASEMAR.COM | Es kelapa adalah minuman segar yang mengandung banyak manfaat. Bukan sekedar menghilangkan dahaga tapi tekstur buah kelapa yang unik dan air kelapanya sangat berguna bagi kesehatan tubuh terlebih untuk ibu hamil.

Saat bulan Ramadhan, berbuka dengan es kelapa muda adalah cara masyarakat Indonesia kebanyakan untuk menghilangkan dahaga. Es kelapa muda hanya diracik dengan daging buah & air kelapa yang ditambah gula merah atau putih sesuai selera, atau sirup merah.

Seiring berjalannya waktu es kelapa muda kini banyak divariasikan dengan berbagai bahan tambahan didalamnya, antara lain :

Es kelapa kopyor menggunakan santan untuk kuahnya, berbeda dengan es kelapa muda yang hanya menggunakan air kelapa murni. Es kelapa kopyor juga menggunakan sirup sebagai pewarna kuahnya.

Es doger salah satu minuman es susu kelapa dingin banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, khususnya kota Bandung yang juga memiliki banyak kuliner unik.

Es squash kelapa muda olahan terbaru es kelapa muda yang bisa kamu sajikan di rumah. Minuman ini tampil berbeda dari es kelapa pada umumnya, karena warna hijau dan rasa pandannya yang dihasilkan oleh daun pandan. Isi dalam minuman ini juga bukan hanya sekedar daging buah saja, tapi ada nata de coco atau sari kelapa dan biji selasih.

Es kuwut, minuman khas pulau Dewata ini dari kelapa muda. Salah satu olahan minuman dingin dari kelapa muda & campuran jeruk nipis yang diberi es batu serta buah melon dan biji selasih yang juga menjadi ciri khas minuman dingin ini.

Sop durian mempunyai banyak topping dan campuran bahan lain yang digunakan untuk menambah cita rasa di dalamnya. Salah satunya adalah kelapa muda.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *