Masjid Agung Demak Masjid Tertua di Jawa & Salah Satu Warisan Sampai Saat Ini Masih Berdiri Kokoh

SWARASEMAR.COM, Demak | Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia terletak Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid Agung Demak adalah sebuah masjid yang penuh dengan keajaiban mulai dari masa pembangunannya sampai sudah ditempai & bahkan sampai sekarang, masjid ini termasuk masjid tertua di Jawa.

Masjid ini dipercayai pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama (wali) yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa yang disebut dengan Walisongo.

Pendiri masjid ini diperkirakan adalah Raden Patah bersama Wali Songo mendirikan masjid yang karismatik ini dengan memberi gambar serupa bulus.

Demak, kota ini memang identik dengan sejarah & perkembangan Islam di Indonesia. Di kota inilah para sunan yang berdakwah ke seantero negeri ini berkumpul. Letaknya sendiri dekat dengan pesisir yang menjadikan jalur perdagangan kala itu aktif. Salah satu warisan yang hingga saat ini masih berdiri kokoh adalah Masjid Agung Demak.

Ada beberapa keunikan Masjid Agung Demak yaitu :

Saka tatal memiliki empat saka (tiang) utama.

Atap Berundak Tiga, atap Masjid Agung Demak berbentuk limas yang berundak tiga. Ada yang unik dari salah satu ketiga undakan itu yaitu dipercaya masyarakat ada yang terbuat dari intip. Intip adalah kerak nasi yang terbentuk mengeras ketika menanak nasi liwet.

Lawang Bledeg atau pintu petir adalah pintu utama Masjid Agung Demak. Pintu ini dibuat oleh Ki Ageng Selo sekitar tahun 1446 M. Ki Ageng Selo adalah seorang terkenal sakti mandraguna yang mampu menangkap petir.

Kolam Wudlu adalah tempat wudlu yang terletak di samping kiri depan masjid. Tempat wudlu ini berbentuk kolam, orang Jawa menyebutnya kolah.

Masjid Demak tempat ini juga terdapat museum yang menyimpan bukti perkembangan Islam di Indonesia. Komplek masjid ini terdapat pula museum dimana bisa melihat foto Masjid Agung Demak dari pertama kali dibangun, dan perkembangannya hingga saat ini yang masih terlihat megah.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *