Masjid Kubah Emas, Kubah Emas Yang Berada di Atas Masjid Jadikan Masjid Begitu Megah & Indah

SWARASEMAR.COM, Depok | Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas merupakan sebuah masjid yang dibangun di tepi jalan Raya Meruyung, Limo, Kecamatan Limo, Depok. Masjid ini selain sebagai menjadi tempat ibadah salat bagi umat muslim sehari-hari, kompleks masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga serta menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang dibuat dari emas.

Interior masjid ini menampilkan pilar-pilar kokoh yang tinggi menjulang untuk menciptakan skala ruang yang agung. Ruang masjid didominasi warna monokrom dengan unsur utama warna krem, untuk memberi karakter ruang yang tenang dan hangat.

Kubah emas yang berada di bagian atas masjid menjadikan masjid ini terlihat begitu megah & indah. Inilah Masjid Kubah Emas yang berdiri kokoh di kawasan Meruyung, Depok. Luas bangunan masjid sendiri sekitar 800 meter dengan taman yang luas di sekelilingnya.

Masjid dengan kubah emas yang berwarna kuning menyala. Masjid ini memiliki 5 kubah yang terdiri dari satu kubah utama dan 4 kubah kecil. Lima kubah melambangkan rukun Islam, seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat yang materialnya diimpor dari Italia.

Relief hiasan di atas tempat imam terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas. Di bawah kubah masjid, dapat melihat pemandangan langit dengan awan-awan.

Di tengah-tengah terdapat sebuah bola lampu kristal yang memiliki ukuran sangat besar. Lampu ini konon didatangkan langsung dari Italia dengan berat sekitar 8 ton.

Masjid Dian Al Mahri sendiri mulai dibangun sejak tahun 2001 & selesai sekitar akhir tahun 2006. Masjid ini mulai dibuka untuk umum akhir tahun 2006. Masjid ini dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jemaah & konon Kawasan masjid ini sering disebut sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara.

Masjid ini terbuka untuk umum, namun demikian ada beberapa bagian yang harus tetap steril seperti menara masjid. Pengunjung bebas keluar masuk masjid, namun demikian ada beberapa aturan yang harus dipatuhi agar suasana ibadah tetap nyaman.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *