Konsumsi Makanan Sehat Saat Berbuka Puasa

SWARASEMAR.COM | Buka puasa dengan makanan seimbang penting, setelah seharian berpuasa, tubuh harus segera mendapatkan asupan energi agar cepat mendapatkan tenaga kembali.

Konsumsi makanan serta minuman juga perlu dibatasi karena jika terlalu berlebihan, justru lemas & perut tidak nyaman yang dirasakan kemudian. Konsumsilah secukupnya hanya untuk membatalkan puasa dan mengembalikan energi.

Berikut makanan & minumana yang sehat untuk menjaga pola makan sehat selama Ramadan, terutama ketika berbuka puasa :

Kurma, kurma dimakan pada sebelum berbuka, karena kurma adalah sumber gula alami yang bergizi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan energi setelah seharian berpuasa.

Buah, makan buah segar sangat penting bagi tubuh, seperti pepaya, melon juga pisang menjadi pilihan yang baik karena memiliki tekstur lembut sehingga mudah dicerna oleh usus.

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat dengan begitu banyak nutrisi dan sedikit kalori. Semakin berwarna sayuran yang dimakan, semakin banyak manfaat kesehatan.

Kolak, pilih kolak dengan isi yang lembut & tidak keras supaya mudah dicerna. Tidak perlu khawatir dengan kandungan santan yang terdapat dalam kolak, karena santan yang tercampur dalam kolak biasanya encer sehingga cenderung aman di lambung.

Air kelapa murni, air kelapa kaya akan mineral yang diperlukan untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Minuman air putih, minumlah banyak cairan seperti air putih, hal ini akan mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan penting bagi tubuh. Air putih tetap menjadi sumber hidrasi terbaik.

Yoghurt, produk susu olahan ini dapat diandalkan sebagai menu untuk berbuka karena bernutrisi serta mengenyangkan, kaya akan sumber energi, protein, mineral, & vitamin. Yoghurt juga bermanfaat memperbaiki sistem pencernaan sehingga Anda bisa tetap sehat & nyaman selama puasa.

Bulan puasa menjadi saat tepat untuk memulai pola makan sehat dengan cara mengendalikan porsi makan terutama saat berbuka puasa.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *