Eksostisme “Taman Nasional Komodo” New 7 Wonders

SWARASEMAR.COM | Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat dengan wilayah total 1817 kmĀ². Terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, & Pulau Padar serta beberapa pulau kecil.

Taman Nasional Komodo berada di antara Pulau Sumbawa & Pulau Flores di kepulauan Indonesia Timur. Secara administratif termasuk dalam Wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo pada tanggal 6 Maret 1980 dan dinyatakan sebagai Cagar Manusia dan Biosfer pada tahun 1977 dan juga sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991, sebagai Simbol Nasional oleh Presiden RI pada tahun 1992, sebagai Kawasan Perlindungan Laut pada tahun 2000 dan juga sebagai salah satu Taman Nasional Model di Indonesia pada tahun 2006.

Tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo & habitatnya. Terdapat 277 spesies hewan merupakan perpaduan hewan berasal dari Asia & Australia, terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, & 37 spesies reptilia. Setidaknya 25 spesies hewan darat & burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.

Di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini.

Pulau-pulau ini aslinya pulau vulkanis, dimana jumlah penduduk di wilayah ini kurang lebih adalah 4.000 jiwa. Tahun 1991 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pada tanggal 11 November 2011, New 7 Wonders telah mengumumkan pemenang sementara, & Taman Nasional Komodo masuk kedalam jajaran pemenang tersebut bersama dengan, Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, & Table Mountain. Taman Nasional Komodo mendapatkan suara terbanyak.

Sebagai Taman nasional untuk melindungi Komodo yang terancam punah & habitatnya serta keanekaragaman hayati di dalam wilayah tersebut. Taman laut dibentuk untuk melindungi biota laut yang sangat beragam yang terdapat disekitar kepulauan tersebut, termasuk yang terkaya di bumi.

Taman Nasional Komodo ini memiliki paronama yang sangat indah jadi tidak heran jika Taman Nasional Komodo ini juga dijadikan sebagai tempat wisata bagi para wisatawan domestik & mancanegara.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *