Indonesia Ajak Dunia Perangi Kejahatan Siber

SWARASEMAR.COM, Jakarta | Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Suhardi Alius, mengajak negara di dunia memperkuat kerjasama internasional dalam mencegah dan memerangi terorisme dan mengingatkan bahaya penyalahgunaan internet oleh teroris.

Hal itu disampaikan Komjen Suhardi Alius, dalam pertemuan ke-27 Komisi Pencegahan Kejahatan dan Peradilan Pidana PBB (Commission on Crime Prevention and Criminal Justice/CCPCJ) yang berlangsung di Wina, Austria, demikian Koordinator Fungsi Politik KBRI/PTRI Wina, Zaim A. Nasution kepada Antara London, Selasa (15/5).

Dikutip Antara, Kepala Badan BNPT menyatakan, salah satu manifestasi dari kejahatan siber adalah penyalahgunaan internet, termasuk media sosial, oleh teroris.

“Mereka memanfaatkan internet untuk melakukan propaganda, rekrutmen, perencanaan, pendanaaan, dan pelaksanaan aksi terorisme,” ujar Suhardi di hadapan seluruh delegasi dari negara-negara anggota PBB, Senin.

Untuk mencegah penyalahgunaan terdapat tiga hal yang dapat dilakukan yaitu pertama, melindungi kelompok masyarakat rentan, khususnya perempuan dan pemuda, dari ideologi radikal yang disebarkan melalui internet. Kedua, negara harus mempromosikan nilai-nilai toleransi, moderasi, dan budaya damai sebagai narasi tandingan atas ideologi radikal menyuburkan ekstremisme kekerasan.

Ketiga, negara harus terus berkolaborasi dan menguatkan kemitraan dengan perusahaan penyedia internet. Hal ini penting menanamkan rasa tanggung jawab bersama menjaga ruang siber dari bahaya penyalahgunaan internet oleh teroris.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *