Makanan & Minuman Yang Dianjurkan Serta Sehat Pada Waktu Sahur

SWARASEMAR.COM | Puasa selama 1 bulan, dimana sebelum berpuasa pasti Kita akan menemui makan sahur. Komposisi makanan yang tepat, setiap muslim akan tetap bisa beraktivitas normal selama berpuasa di bulan Ramadan.

Beberapa asupan makanan makanan & minuman yang sehat pada waktu sahur, yaitu :

Makanan dengan kadar kalsium & vitamin memadai. Seperti yoghurt atau susu vanila.

Buah, sayuran, karbohidrat kompleks seperti serealia, gandum, nasi merah, produk olahan susu, protein seperti daging ayam atau ikan, lengkapi dengan serat seperti buah & sayuran, karena serat akan dicerna lebih lambat & kenyang lebih lama.

Hal lain juga pastikan juga cukup minum air putih minimal 8 gelas agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Selain makanan yang diajurkan, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur,seperti :

Makanan yang tinggi gula, makanan yang bersantan atau gorengan lainnya. Makanan ini dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan terkena gangguan saluran cerna seperti penyakit gastroesophageal reflux disease.

Minuman berkafein, Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat sederhana, misalnya kue atau makanan manis lainnya, memang dapat memberikan energi instan. Tetapi makanan ini cepat dicerna oleh tubuh sehingga cadangan energi Anda juga cepat hilang. Kita akan menjadi lebih mudah lemas, kurang berenergi saat berpuasa, & lebih mudah haus saat berpuasa.

Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, sangat penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar memberikan energi maksimal bagi tubuh.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *