Tari Angsa Menjadi Salah Satu Tarian Kebanggaan Jawa Tengah

SWARASEMAR.COM, Semarang | Tari Angsa adalah salah satu tari yang melambangkan keagungan seorang Dewi yang ditemani dengan sekelompok penari angsa. Tari angsa menjadi salah satu tarian kebanggaan Jawa Tengah.

Sering dipertunjukan pada acara-acara tertentu. Saat ini tarian ini sering ditarikan oleh siswa-siswa SD saat adanya acara perpisahan di sekolah.

Tari angsa biasanya ditarikan secara berpasangan, namun ada juga yang sendiri hingga berlima. Alat musik pengiringnya seperti gendang, gitar, dan degung. Namun seiring dengan zaman, alat musik yang digunakan pun tidak setradisional zaman dahulu.

Pada daerah ini sendiri hampir sama dengan daerah yang ada pada Jawa sendiri, dimana terkadang beberapa gerakan yang ada merupakan gerakan yang penuh dengan tanda tanya dan masih menyimpan misteri pada beberapa gerakan yang dilakukan oleh penari.

Tari angsa juga mengandung makna yang berbeda antara satu gerakan dengan gerakan yang lainnya, hingga pada jenis-jenis tarian tertentu ada yang sangat terkenal pada kalangannya sendiri, ada juga yang kurang terkenal karena beberapa gerakan yang belum pernah terlihat atau terkesan kaku sama sekali.

Tarian ini sendiri merupakan tarian yang sering digunakan dalam beberapa acara yang biasanya diadakan pada daerah ini sendiri, hal ini bisa saja pada acara pernikahan, acara adat istiadat ataupun acara keagamaan serta juga acara ritual yang biasanya dilakukan oleh beberapa orang di Jawa.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *