Keunikan Rasa Sambal Khas Daerah Juga Berasal Dari Berbagai Jenis Cabai di Indonesia

SWARASEMAR.COM | Sambal khas Daerah yang banyak diminati, Indonesia memiliki banyak sekali kuliner yang beragam, sehinga setiap daerah pun memiliki ciri khas dan rasa sambal yang berbeda.

Ciri khas dari masing- masing daerah adalah memiliki rasa yang khas & pedas yang berbeda. Misalnya penambahan daun kemangi & terong pada sambal, tentunya membuat rasa sambal sedikit berbeda.

Rasa pedas pada sambal bisa dapat dari cabai, tentunya penggunaan cabai Rawit merah akan lebih pedas dibanding cabai merah keriting. Menu sambal yang ada, Sambal khas daerah yang pedas serta nikmat, akan menambah selera makan.

Sambel khas Jawa Barat terkenal dengan terasi atau belacannya, & biasanya ditambah pelengkap seperti lalapan mentah. Sambal Khas Daerah Jawa tengah biasanya terkenal dengan rasa manis & asamnya.

Beberapa sambal khas Daerah yaitu :

Sambal mentah terong hijau kemangi memberi rasa yang sedikit berbeda, ini karena rasa kemangi yang khas, sebelum membuat sambal.

Sambal korek merupakan sambal khas daerah yang banyak diminati saat ini. Sambal korek bisa di nikmati dengan makanan seperti bebek goreng, tahu goreng, tempe goreng, & juga ayam goreng.

Sambal brambang asam kangkung jawa, merupakan sambal yang berasal dari daerah Jawa Tengah, sambal ini sangat khas dengan rasa asamnya, biasanya di makan dengan daun ubi jalar.

Sambalado, sambal terasi, sambal matah, hingga sambal dabu-dabu itu adalah beberapa khas sambal nusantara yang memiliki cita rasa tersendiri.

Keunikan rasa sambal juga berasal dari berbagai jenis cabai yang ada di Indonesia. Jenis cabai yang ditanam di wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi & daerah lainnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *