DPW Petani Jawa Tengah Berkunjung ke Kelompok Tani Lereng Gunung Slamet

(Pondok Bani Rosul Banyumas, Sekolah Petani Berbasis Kompetensi)

SWARASEMAR.COM, Banyumas | Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Petani Jawa Tengah melakukan kunjungan ke kelompok tani yang terletak di lereng Gunung Slamet. Kelompok tani yang memiliki sekolah petani berbasis kompetensi.

Pondok Pesantren Bani Rosul adalah sebuah pondok dibawah asuhan Mbah Zen Paman Gus Syaifullah Ali Ketua GP Ansor Jawa Tengah.

Pondok ini memiliki pengolahan kotoran ternak yang diolah menjadi sumber Biogas dan beberapa tempat pengembangan kolam lele untuk pembenihan dan pembesaran.

Pertemuan diawali dengan ramah tamah dan membahas seputar Biogas, Pertanian Cabai, Budidaya Lele dan Jamur Merang bersama Santri dan Gus Misbah.

Permasalahan mengenai pemasaran tidak lupa diangkat untuk mencapai solusi lebih baik. Disamping itu bagaimana melakukan perawatan yang lebih baik tentang budidaya lele dan jamur yang dilakukan secara berdikari, bertahap dan penuh kemandirian.

Tidak lupa ikut dibahas tentang persoalan persatuan dan kemanunggalan bangsa Indonesia dengan berbagai bentuk kegotong royongan.

Pemberdayaan Santri di Bidang Pertanian di lakukan dengan pola kemandirian yang dilakukan di sela-sela mengaji Kitab dan kitab suci.

Diharapkan Santri yang telah selesai dari pondok memiliki berbagai pengetahuan yang cukup nantinya sebagai bekal hidup di dunia dan akhirat.

***


Dumadi Tri Restiyanto
Ketua DPW Petani Jateng 
Bidang Propaganda DPW Petani Jateng


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *