Keistimewaan Curug Sewu, Air Terjun Tertinggi di Jawa Tengah

SWARASEMAR.COM, Kendal | Curug Sewu terletak di Patean, Kendal merupakan air terjun tingkat tiga dengan ketinggian sekitar 80 meter. Curug Sewu merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Nama air terjun diambilkan dari nama desa tempat air terjun tersebut berada, yakni desa Curugsewu tepatnya di Kecamatan Patean, jaraknya 40 kilometer dari kota Kendal.

Air terjun Curugsewu mempunyai keistimewaan serta keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, total ketinggian 70 meter yang terdiri dari 3 terjunan, masing-masing  ketinggian 45 meter, 15 meter & 20 meter. Terlihat sangat indah & menawan untuk dipandang, terlebih pada saat tertentu, pada saat terjunan muncul pelangi paduan aneka ragam warna yang mempesona.

Menuju bagian bawah air terjun, pengunjung harus melewati ratusan anak tangga yang jaraknya bisa mencapai 2 km. Diantara perjalanan, pengunjung akan dibawa kedalam nuansa sejuk karena kabut air dari air terjun akan menemani pengunjung selama perjalanan.

Lokasi Air Terjun Curugsewu telah dilengkapi dengan taman rekreasi beserta fasilitas pelengkap seperti panggung taman bermain anak, kebun binatang mini & kereta mini, jet coaster & kolam renang dengan standar nasional telah dibangun. Masih mengenai keistimewaan & keunikkannya, ternyata Air Terjun Curugsewu merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Kita bisa menjumpai banyak hal di Curug Sewu Kendal ini, mulai dari keberadaan patung-patung di taman, bunga yang warna warni sepanjang mata memandang, serta keberadaan hutan pinus yang menambah suasana asri di lokasi Curug Sewu.

Menjadi pilihan favorit pengunjung adanya gardu pandang yang dilengkapi dengan teropong. Dari gardu pandang ini, pengunjung dapat melihat air terjun dari atas. Tidak hanya air terjun saja, tapi pengunjung dapat melihat jajaran pegunungan hijau & hutan yang akan membuat mata menjadi lebih jernih dan segar.

Sepanjang taman ini memiliki jalur datar dengan landscape pemandangan perbukitan hijau yang menawan. Sekitar kawasan Curug Sewu sendiri merupakan kawasan hutan wisata yang dikelola langsung oleh Kesatuan Pemangku Hutan Perhutani Kendal.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *