Mark Zuckeberg Tidak Mendapat Kesempatan Mengatakan “Kami Bukan Satu-Satunya”

SWARASEMAR.COM | Catatan Mark Zuckeberg selama kesaksian kongresnya pekan ini mengisyaratkan pesan bahwa petinggi Facebook itu jarang mendapat kesempatan untuk menyampaikan bahwa : Kami bukan satu-satunya.

Zuckeberg siap untuk menyampaikan bahwa perusahaannya hanya menyumbang secuil dari pasar iklan sebesar US$ 650 miliar & bahwa ia memiliki banyak pesaing. Google misalnya, memiliki bisnis iklan online dua kali lipat dari Facebook. Google juga mengumpulkan sejumlah informasi tentang orang-orang yang menggunakan layanan onlinenya.

Facebook berani mengambil alih dengan cara menangani informasi pribadi penggunanya. Catatan Zuckeberg, yang difoto selama kesaksian juga berisi tanggapan yang disiapkan jika anggota parlemen menggemakan kritik dari Tim Cook, Chief Executive Apple, yang telah mengecam Facebook dan perusahaan lain untuk mengumpukkan sejumlah informasi pribadi pengguna mereka.

Banyak cerita tentang aplikasi yang menyalahgunakan data Apple, tidak pernah terlihat Apple memberitahu orang,” kata dokumen itu, “Penting Anda memperlakukan semua orang dengan standar yang sama”.

Apa yang membedakan Zuckeberg dengan yang lain? Zuckeberg adalah satu-satunya pemimpin perusahaan yang bersaksi dalam dua hari sidang pekan ini. Perwakilan Facebook dan Apple menolak untuk berkomentar terkait catatan Zuckeberg.

Sundar Pichai, Chief Executive Google dan Jack Dorsey, Chief Executive Twitter juga diminta untuk bersaksi oleh Komite Kehakiman Senat. Tapi ketika dengar pendapat itu dikombinasikan dengan satu dari komite lain, yang tidak meminta partisipasi Google atau Twitter, Pichai dan Dorsey dibebaskan, ujar pejabat perusahaan dan asisten kongres.

Sebelum sidang pada Selasa, Charles E.Grassley, Ketua Komite Kehakiman Senat mengirim surat kepada Pichai dan Dorsey dengan 14 pertanyaan. Dalam suratnya ke Google, Grassley ingin mengetahui bagaimana Google mengelola dan memantau privasi pengguna terhadap sejumlah data yang dikumpulkannya.

Perusahaan-perusahaan itu memiliki waktu hingga 25 April untuk merespon. Ketika ditanya apakah mereka khawatir terkait pengawasan kongres atau peraturan, Google dan Twitter melalui perwakilan perusahaan menolak untuk berkomentar.

Menurut Jason Kint, seorang kritikus Facebook dan Google, yang juga Chief Executive Digital Content Next sebuah kelompok perdagangan yang mewakili organisasi berita dan hiburan, termasuk The New York Times. “Di luar Facebok, mungkin tidak ada perusahaan yang lebih memperhatikan”.

Mereka benar-benar merunduk untuk berlindung sementara panasnya ada di Facebook. Mereka tak ingin mencoba untuk menyalurkan alarm apapun.”

Seperti Facebook, Google pengumpulkan sejumlah data pengguna, termasuk pilihan YouTube mereka, penelusuran internet dan riwayat lokasinya untuk menargetkan iklan.

Facebook memiliki lebih dari dua miliar pengguna secara global, tetapi Google memiliki tujuh poduk, termasuk YouTube, Gmail dan perangkat lunak androidnya, dengan lebih dari satu miliar pengguna.

Ketika Perwakilan John Shimkus, Republik Illinois mempertanyakan pelacakan pengguna yang dilepaskan Facebook, Zuckeberg dengan cepat menunjukkan bahwa Google dan sisa industri yang lainnya menggunakan taktik yang sama. Itu adalah salah satu dari beberapa kali praktik data Google disebutkan dalam dua hari sidang.

Selama dua hari persidangan, Google dirujuk 11 kali oleh anggota parlemen, Twitter disebutkan 10 kali dan Amazone sekali. Apple disebut tiga kali. Zuckeberg tidak mendapat kesempatan untuk mengatakan tentang teman-teman industri Facebook pekan ini.

***

Sumber Berita : Kontan ‘Saat sidang, Zuckeberg tak sempat jelaskan bahwa Facebook bukan satu-satunya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *