Nasi Jamblang Ciri Khas Bungkus Alas Daun Jati & Variatif Lauk Pauk

SWARASEMAR.COM, Cirebon | Nasi jamblang adalah makanan rakyat, dari Kota Cirebon. Wujudnya seperti nasi pada umumnya, tetapi dihidangkan dengan bungkus atau alas daun jati. Lauk-pauknya bermacam-macam & harganya terjangkau. Varisai makanan serta lauk pauknya sangat menarik untuk dirasakan.

Namanya makanan rakyat, jangan harap mendapati warung nasi jamblang layaknya restoran. Makanan ini bisa ditemukan di warung tenda atau warung makanan sederhana.

Banyak penjual nasi jamblang di Cirebon, tetapi ada beberapa yang sudah punya nama karena pengalaman dan rasanya. Berikut ini warung nasi jamblang paling diminati di Kota Udang, yaitu :

Warung Ibu Nur awalnya dari warung tenda pinggiran, berkembang pesat sampai akhirnya pindah ke bangunan permanen. Konon nasi jamblang Ibu Nur sudah terkenal hingga ke kalangan pejabat di Kota Cirebon. Lokasinya berada di Jalan Cangkring II, Cirebon atau tidak jauh dari Jalan dr. Cipto Mangunkusumo.

Nasi jamblang Pitri mengincar pasar kuliner malam. Jadwal buka warung hanya malam hari. Tempatnya masih berupa warung tenda, terletak di Jalan Cipto Mangunkusumo, tak jauh dari Gunung Sahari Trade Center. Walaupun tenda, pengunjungnya membludak tiap malam.

Warung Mang Dul sudah berdiri sejak 1968 & disebut sebagai warung nasi jamblang tertua di Cirebon. Tempat makan ini terletak di Jalan dr. Cipto Mangunkusumo, Gunung Sari, Cirebon. Warung sederhana namun bersih & nyaman. Warung Mang Dul buka mulai pukul 09.00 sampai 20.00 WIB.

Nasi Jamblang Ibad Otoy, berlokasi di Jalan Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon. Warung Jamblang Ibad Otoy buka setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 07.00-22.00 WIB, sementara hari Minggu libur. Selain menu nasi jamblang, juga ada menu pedesan entog.

Nasi Jamblang Pelabuhan Pelabuhan, berlokasi di Jl Yos Sudarso (pintu pos 1 Pelabuhan Cirebon). Buka setiap hari, mulai dari pukul 06.00 a�� 15.00 WIB. Menu makanan di sini seperti Nasi Jamblang pada umumnya, terdiri dari sate usus, sayur tahu, tempe goreng, ikan asap, perkedel kentang dan sambal merah.

Nasi Jamblang khas Cirebon dengan daun jati sebagai alas makanan yang sudah terkenal enak & murah. Jangan lupa, jika berkunjung ke Cirebon cobalah Nasi Jamblang kuliner khas kota ini.

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *