Tol Fungsional Mampu Urai Kemacetan Arus Mudik

SWARASEMAR.COM, JAKARTA | Dengan dioperasionalkannya beberapa tol fungsional atau sementara di Jatim dinilai akan mampu mengurai kemacetan saat arus mudik lebaran 2017.

Irjen Pol Royke Lumowa Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri mengatakan, tol fungsional tersebut diantaranya Surabaya-Mojokerto, Solo-Kertosono, Surabaya-Kertosono, Wilangan-Caruban dan Balerejo-Ngawi.

“Tol fungsional ini hampir 100 persen jadi, H-10 sudah sepenuhnya jadi. Hanya saja sedikit tadi di daerah Jombang ada jembatan yang belum selesai. Tapi untuk lainnya sudah cukup layak dilewati meskipun masih fungsional,” kata Royke pada Radio Suara Surabaya saat memantau aktivitas dan kesiapan lalu lintas jelang Hari Raya Idul Fitri 2017 dengan melewati jalur Mengkreng-Solo-Semarang-Pantura-Jakarta pada Rabu (14/6/2017).

Sementara itu untuk jalur Palimanan-Brexit yang cukup rawan pada arus mudik tahun 2016 lalu, kata dia, diantisipai dengan penambahan tol antara Brebes dan Bringin yang cukup membantu.

“Yang paling penting kalau mengarah ke Jakarta jangan semua lewat Pantura. Bisa lewat Bandung, Tasik atau bisa lewat arteri tol. Tapi kalau toh terpaksa tidak seimbang jalurnya ada yang penuh, ya ini jadi tugas kepolisian mengurai kemacetan,” ujar dia.[Red]

***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *